skip to main |
skip to sidebar
Safety Golden Rules
Ini merupakan sebuah regulasi yang sedang dikampanyekan oleh IOF.
Dimana regulasi ini sudah di SAH kan pada Rakernas IOF pada akhir
November lalu yang berisikan tentang regulasi perangkat standart yang
harus disiapkan/harus ada di setiap pada setiap peserta/tim yang akan
turun.
Safety Golden Rules adalah sbb:
- Persyaratan perlengkapan kendaraan :
- Menggunakan safety helmet dengan sistem pengunci “D-ring” yang memenuhi standarisasi D.O.T dan SNI.
- Membawa tabung pemadam kebakaran (APAR) dengan ukuran minimal 2 kilogram.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgVEilIkc-Cze_Qhr6-kwYWZuPkpG3UWrBPNTd-5U-0w9aQQQqi7zBfCe-IELdiPyb_5mxaVB8tnjBMR9zwngsoYhY9rH5FBiwFtrWadeAVUWVJpCVW9JK_eg0vsrJLFJxDKPiqtFjDfwA/s320/Universal-Car-Styling-Black-Roll-Bar-font-b-Fire-b-font-font-b-Extinguisher-b-font.jpg)
- Memasang Engine Cut-Off dan berfungsi dengan benar.
- Memasang Safety Bonnet Pin.
- Menggunakan Safety Belt 4 titik lebar 3 inch (khusus event ekspedisi 3 titik lebar 2 inch).
- Memasang plat base / top cover minimum 2mm plat besi atau 3mm plat
alumunium dipasang tepat diatas kepala driver dan co-driver (khusus
untuk kendaraan open cockpit).
- Kendaraan yang menempatkan radiator dibelakang, harus dilengkapi
dengan bidang pemisah antara radiator dengan ruang kemudi. Pipa / selang
radiator tidak boleh melalui ruang kemudi.
- BATTERY/ACCU wajib diberi penutup berbahan non konduktor pada bagian
atas, dan harus berjarak minimum 50cm terhadap fuel pump dan fuel tank.
BATTERY basah tidak boleh diruang kemudi
- Ukuran ban minimum 27 inch maksimum 37 inch. Jenis ban bebas (Rantai ban, ban paku, ban Rally dan ban traktor dilarang) Keterangan ban traktor akan dilengkapi menunggu hasil data Litbang.
- Mempersiapkan lampu penerangan minimal sama dengan standart
manufacturing – 2 lampu terpasang dan berfungsi dengan baik dibagian
depan dan belakang kendaraan.
- Menggunakan gloves / sarung tangan bagi co-driver.
- Kaca yang terbuat dari acrilic wajib dilapisi kaca film.
- Memasang roll-bar atau roll-cage minimal 6 (enam) titik dengan ketentuan diameter Pilar “B” sebagai berikut :
- Diameter minimum 38.1mm x 2.6mm (1.5″ x 0.102″) untuk kategori kendaraan yang tergolong dalam
- Diameter minimum 44.0mm x 2.9mm (1.75″ x 0.114″) untuk kategori kendaraan yang tergolong dalam
- Diwajibkan membuat 1 (satu) buah lubang (di bor) pada bagian kiri
rollbar Pilar “B” berdiameter 5mm, dengan ketentuan posisi lubang
berjarak antara 20 sampai 50 cm dari dasar rollbar dan diberikan tanda
merah berbentuk panah mengarah pada lubang tersebut.
Persyaratan Perlengkapan lintasan :
- Penggunaan pita merah sebagai pita tanda pembatas area penonton, jarak aman minimum 10 meter dari tepi lintasan.
- Menyediakan minimal 1 (satu) unit kendaraan Ambulance dan petugas medis.
- Menyediakan minimal 1 (satu) unit mobil Pemadam Kebakaran.
- Menyediakan Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR) di area Start dan Finish.
Di balik keseruan dan kebahagian dari berakhirnya IOF National
Championship, IOF juga sebenarnya memiliki misi yang intinya dapat
mengembangkan dunia Balap Offroad Indonesia melalui beberapa program
yang juga berjalan beriringan dengan jalannya event offtroad ini:
- IOF berharap dengan adanya event ini sebuah bukti/contoh kongkrit
sebagai program Penyeragaman aturan lomba Adventure Offroad di seluruh
event di indonesia.
- IOF juga mengadakan Diklat pelatihan yang dilaksanakan daerah /
pengda agar memiliki tenaga ber sertifikasi yang tujuan akhirnya mampu
membuat event dengan mandiri.
Dalam hal ini TB. Adhi menambahkan bahwa dengan adanya pelatihan
bersertifikasi untuk petugas maupun bibit-bibit baru Marshal, Crew
Scrutineering dan beberapa elemen lainnya nantinya berfungsi untuk
memberi standarisasi regulasi, safety yang targetnya adalah “Zero
Accident“.
Memang kalau dilihat sedikit terkesan ribet, apalagi harus
ada yang lisensi dll. Namun menurut TB. Adhi selaku ketua penyelenggara,
harapannya adalah orang yang sudah memiliki lisensi pendidikan safety dari
IOF sudah mengetahui dengan sangat amat jelas tentang peraturan dan
tata cara dalam menangani ataupun bermain dengan baik dan aman dalam
setiap event offroad.
- Kemudian dalam event ini juga diadakan kelas Rookie dengan tujuan
untuk meregenerasi offroader Indonesia terutama dari Pangda-pengda di
luar pulau Jawa.
- Kemudian yang terakhir adalah menjadikan IOF NC sebagai dasar kwalitas event event IOF di Indonesia.
sumber :
http://fastnlow.net/iof-national-championship-usai-balap-offroad-indonesia-harus-melirik-iof/